Thursday, October 6, 2011

Ubuntu 11.10 dan versi selanjutnya mendukung arsitektur server Berbasiskan ARM

Ubuntu 11.10 Dukung ARM Server - Canonical telah mengonfirmasi bahwa versi x86 dan x86-64 Ubuntu Server 11,10 dipastikan dukungannya terhadap arsitektur server berbasiskan ARM. Perusahaan percaya bahwa server ARM akan menjadi penting untuk data centre karena sejarah arsitektur yang mengaplikasikan konsumsi daya rendah seperti pada smartphone.


Sebagai contoh, perusahaan Calxeda sudah menggunakan processor ARM pada sistem mereka yang mengimplementasikan sebanyak 120 quadcore processor ARM A9 dalam sebuah server 2U yang hanya memakan daya 600 watt. Sistem ini memungkinkan data centre memampaatkan hardware dengan mengurangi kebutuhan daya listrik.

Cannonical melihat ini sebagai kesempatan bagi Ubuntuk untuk mengatasi kebutuhan untuk distribusi Linux untuk server platform x86 dan ARM. Optimisme tersebut menguat mengingat pengalaman Server Ubuntu pada platform x86. Chris Kenyon, Canonical VP OEM Services, mengatakan dalam posting blog bahwa versi Ubuntu 11,10 akan menjadi rilis pertama yang memberikan dukungan terhadap ARM based dan dukungan tersebut juga akan dimasukkan pada Ubuntu 12.04.