Monday, October 3, 2011

Cara Membatasi Akses Terhadap Suatu Program pada Windows 7 Tanpa Menguninstall program

Cara Membatasi Akses Terhadap Suatu Program - Jika komputer anda merupakan komputer publik, tentu pernah terpikir oleh anda untuk membatasi akses suatu program pada komputer. sebagai contoh, anda ingin agar program seperti games tidak bisa diakses oleh anak anda di rumah pada masa ujian sekolah.


Alih-alih meng-uninstall program tersebut, anda bisa membatasi aksesnya melalui Local Group Policy Editor. Jadi, jika tidak memerlukan pembatasan ini lagi, anda tinggal mengaturnya lagi melalui Local Group Policy Editor. Berikut Caranya:

  • Ketikkan gpedit.msc pada menu Start - Search programs and files. Setelah itu, tekan tombol Enter pada Keyboard.
  • Pada jendela Local Group and Policy Editor, pada panel sebelah kiri, navigasikan kursor ke alamat User Configuration - Administrative Templates - System. Kemudian pada panel sebelah kana, scroll layar ke bawah dan temukan item bernama Don't run specified Windows Applications. Setelah itu, klik ganda item tersebut.
  • Setelah muncul jendela Don't run specified fried Windows applications, klik opsi Enabled untuk mengaktifkan pengaturan ini. Kemudian, klik tombol Show di bawahnya.
  • Selanjutnya muncul kotak dialog yang di dalamnya terdapat daftar yang harus anda isi nama-nama program yang tidak anda izinkan untuk akses oleh pengguna. Kemudian, klik tombol OK.
  • Tutup jendela Don't Run specified Windows applications dengan mengklik tombol OK. Kemudian, tutup juga jendela Local Group and Policy Editor. sekarang, coba akses program yang telah anda tulis pada poin 4 di atas. jika berhasil program tidak akan berjalan dan menghasilkan pesan error.