Saturday, September 3, 2011

Tips: Cara Membersihkan MacBook White Dengan Modal 20.000

MacBook White 
MacBook White Unibody, elegan tapi gampang kotor.
Tak perlu membeli iKlear (pembersih di Apple Store) yang harganya selangit. Cukup dengan modal 20ribu rupiah aja MBW kamu dijamin bersih seperti baru. Berikut tips cara membersihkan MacBook White:
Pertama, siapkan pembersih sejenis spon berikut (pilih salah satu):


proClean Magic BlockproClean Magic Block
Scotch-Brite Magic Eraser PadScotch-Brite Magic Eraser Pad
Magic Block atau Magic Eraser Pad bisa dibeli di Carefour, Ace Hardware, Alfamart atau Indomaret. Cari aja di bagian peralatan dapur bagian spon untuk bersihkan noda. Jika sudah, siapkan air untuk membasahi spon tersebut.

Nah, berikut cara membersihkannya:

  1. Matikan MacBook White terlebih dahulu.
  2. Bersihkan kotoran-kotoran dengan tisu, lap agar debu-debunya hilang aja.
  3. Bersihkan bagian dalam (keyboard dulu) dengan spon ajaib tadi. Caranya, celupkan dulu spon tersebut ke air yang sudah disiapkan. Lalu peras spon agar air nya keluar sekitar 99%. Peras secukupnya agar waktu spon dipakai, air tidak masuk ke keyboard Mac. Intinya sih cuman ngebikin spon tersebut lembab.
  4. Gosok keyboard dengan spon yang sudah lembab tadi secara perlahan, nyaris tanpa ditekan sama sekali. Ingat, jangan terlalu ditekan!
  5. Saat digosok, kamu pasti akan kaget karena kotorannya akan terangkat oleh spon ajaib tadi. Setelah menggosok, lap sisa-sisa kotoran dengan tisiu kering.
  6. Selesai.
Loh kok bagian keyboard aja? Nah ini yang perlu diperhatikan, ada dua jenis MacBook White, yakni yang versi lama yang biasa dan yang versi baru yang Unibody. Gampangnya gini aja, untuk bagian body yang glossy (mengkilap), jangan memakai spon tersebut! Kalau bagian yang mengkilap tadi digosok pakai spon ajaib tersebut maka dijamin glossynya akan rusak dan hilang!

Khusus bagian yang mengkilat (termasuk trackpad), gunakan tisiu kering dan minyak kayu putih secukupnya. Caranya:

  1. Tuangkan minyak kayu putih pada tisiu secukupnya (sedikit aja)
  2. Lap permukaan glossy pada MacBook pakai tisiu.
  3. Lap sisa kotoran menggunakan tisiu kering baru.

Kalo yang di bagian layar, caranya:

  1. Basahi tisiu secukupnya.
  2. Lap permukaan layar dengan tisiu tersebut, nyaris tanpa ditekan.
  3. Lap sisa air yang menempel di layar dengan tisiu kering baru.
  4. Sebaiknya pasang stiker screenguard untuk melindungi layar dari goresan.
Setelah itu, lipat MacBook dan bersihkan yang bagian luar (glossy) seperti cara di atas. Khusus yang bagian karet di bawah MacBook, gunakan juga spon ajaib dengan kadar air yang sedikit lebih banyak. Saat digosok, kotoran akan tersapu ke samping. Gunakan tisiu kering untuk menyerap kotoran basah tersebut.

Btw, bagus mana antara proClean Magic Block dengan Scotch-Brite Magic Eraser Pad? Saya rasa sama aja setelah mencoba keduanya. Hanya saja untuk bagian keyboard, lebih enak menggunakan Scotch-Brite Magic Eraser Pad karena bentuknya lebih nyaman digenggam dan lebih mudah membersihkan sela-sela keyboard.

Sedangkan untuk di bagian karet bawah, saya gunakan proClean Magic Block yang lebih tebal. Untuk harganya sendiri sangat murah, proClean Magic Block di bawah 20ribu, Scotch-Brite Magic Eraser Pad dibawah 10ribu. Sekali beli bisa buat bersihin MacBook sedikitnya 10 kali, murah meriah bukan :D
Nah akhirnya problem membersihkan MacBook terselesaikan. Menggunakan cara membersihkan MacBook diatas, Mac saya kini jadi bersih, saya pun makin jatuh cinta dengan MacBook White yang sudah tidak diproduksi lagi itu. Tampil bersih dengan warna putih, siapa takut?