Thursday, September 22, 2011

HARGA DAN SPESIFIKASI KAMERA SAMSUNG ST700 TERBARU DI BANDEROL RP 3,5 JUTA KAMERA DUAL VIEW BERLAYAR SENTUH

Harga Kamera Samsung ST700 Indonesia - Spesifikasi Samsung ST700. Pabrikan asal Korea, Samsung meluncurkan kamera dual-view-nya berkekuatan 16 MP. Apa saja yang menarik dari kamera compact bernama ST700 ini? Mari kita telusuri.

Desain

Desain yang slim dan bobotnya yang ringan milik ST700 tercipta berkat penggunaan baterai jenis lithium-ion. Ia memiliki dimensi 99 x 55 x 20 mm dengan layar yang lapang berukuran 3 inch.


Di bagian atas body terdapat tombol bidik, tombol pemutaran, mikrofon, power serta tombol front LCD, sedang di tampilan depan terdapat layar kedua yang dipakai untuk pengambilan foto diri.

Di sisi samping terdapat port USB dan A/V serta port HDMI yang mendukung kabel HDMI. Ia digunakan untuk mengkoneksikan kamera ke sebuah HDTV. Sedang di bawahnya terdapat dudukan tripod serta ruang baterai.

Layar

Layar sentuh berukuran 3 inch ini didesain untuk dioperasikan dengan stylus, meski sayang aksesoris ini tidak memiliki wadah di body kamera.

Ketiadaan tempat untuk stylus ini mengakibatkan potensi hilangnya stylus entah karena ketinggalan atau terjatuh. Dan apabila pengguna tidak ingin memakai stylus dan ingin mengoperasikannya dengan jari saja, sepertinya pengguna harus bersabar karena layarnya tidak cukup responsif.

Menu

Ada 4 halaman menu yang bisa ditilik dalam layar ini, di mana posisi masing-masing menu bisa diatur sesuai keinginan dengan cara mendrag-nya.

Zoom

ST700 dilengkapi dengan 5x optical zoom sehingga sanggup menjangkau area wide 26 mm hingga tele 130.4X. Kamera ini juga memiliki 4X intelli zoom dan 4X digital zoom.

Fitur

Banyak fitur yang bisa ditemui dalam kamera mungil ini, termasuk photo filter dan effect mode. Di photo filter, pengguna bisa membubuhkan filter miniatur, vignet, sketsa, fish eye, dll di dalam fotonya.
Sedang di mode efek, pengguna dimungkinkan untuk menghasilkan foto dengan efek klasik, retro atau negatif dan masih banyak lagi. Hasilnyapun cukup bagus.

Untuk meminimkan guncangan yang berakibat foto menjadi blur, kamera ini sudah dilengkapi dengan OIS (optical image stabilizer) sebuah fitur wajib di kamera high-end.

Pilihan Mode
Mode yang dijumpai dalam kamera ini cukup banyak, beberapa di antara mode yang menarik ialah mode anak dan mode panduan pose.

Saat pengguna memakai mode anak, maka layar depannya akan menampilkan animasi lucu dengan tambahan suara agar menggiring perhatian anak-anak ke lensa kamera.

Ada juga mode panduan pose. Mode ini cukup berguna tatkala pengguna ingin menghasilkan foto layaknya model, namun kesluitan mencari pose yang tepat.

Shutter-lag
Hampir bisa dikatakan, shutter-lag yang dialami ketika menjepret objek hampir tidak terasa. Hal ini tentu saja menjadi nilai tambah lebih mengingat shutter-lag kerap menjadi masalah tatkala kamera dipakai untuk mendokumentasikan momen penting yang tak bisa diulang atau untuk mengabadikan objek bergerak.

Pilihan ISO
Pilihan ISO yang ditawarkan ST700 cukup beragam yakni mulai dari 80-100-200-400-800-1600 hingga 3200.

Sayang sekali ISO tinggi juga berbanding lurus terhadap banyaknya noise yang muncul di foto, hal ini terlihat jelas di contoh foto yang diambil detikINET meski saat pengambilan gambar, kondisi cahaya mencukupi.

Akan tetapi ketika kamera dipakai dengan pengaturan ISO sedang di pencahayaan yang terang, hasilnya sangat jernih. Tentu saja ini berkat resolusi 16MP yang dimilikinya.

Daya tahan bateraiBaterai yang disematkan di Samsung ST700 diklaim memiliki ketahanan hingga 90 menit/180 foto.

Kesimpulan:
Dengan teknologi dual-view, pengguna dimudahkan untuk mengambil gambar diri sendiri tanpa bantuan orang lain dan tentu saja ini menjadi salah satu kelebihan kamera Samsung ST700.

Ditambah dengan kayanya fitur filter foto serta mode yang ditawarkan, ia cocok bagi mereka yang doyan foto dan tak mudah puas hanya dengan foto 'biasa'.

Dibanderol seharga Rp 3,5 juta, kamera ini terkesan agak mahal untuk fitur yang sebagian besar sudah ada di kamera sejenis namun dengan harga yang lebih miring.

Kelebihan:

  • Tersedia pilihan WB (White Balance)
  • ISO bervariasi
  • Foto yang dihasilkan cukup jelas dalam kondisi low-light
  • Shutter-lag hampir tidak ada
  • Layar lapang
  • Dual-view-nya bekerja dengan baik
  • Kaya filter

Kekurangan:

  • Tidak memiliki wadah stylus di body kamera
  • Layar kurang responsif apabila tidak memakai stylus
  • Noise banyak di pemakaian ISO yang tinggi
  • Harga mahal

Spesifikasi:

  • Resolution: 16 MP
  • Optical Sensor Type : CCD
  • Digital Zoom: 5x
  • Face Detection: Ya
  • Video Capture: H.264 - 1280 x 720
  • Lens Aperture: F/3.3-5.9
  • Additional Features: Dual LCD screens, Face detection, 720p HD movie recording, Smart Face Recognition, Dual image stabilization, Touch-screen control, Digital image stabilization
  • Shooting Programs: Smart auto, Smile detection, Beauty shot, Soft focus, Cinema, Fisheye, Miniature, Sketch, Magic frame