Monday, August 8, 2011

Inilah Aplikasi Mobile Pertama dari FBI (Federal Biro Investigation), Child ID

Inilah Aplikasi Mobile Pertama dari FBI (Federal Biro Investigation), Child ID . Biro Investigasi Federal (FBI) meluncurkan aplikasi mobile pertama mereka. Aplikasi berikut ditujukan bagi orang tua yang kehilangan anaknya.

Aplikasi bernama Child ID ini bekerja di piranti iPhone. Layanan dan tips-tips di dalamnya berguna bagi orang tua yang mengalami kejadian tragis kehilangan anak. "Anda sedang berbelanja di mall bersama anak Anda dan tiba-tiba mereka menghilang. Pencarian di area terdekat tidak berhasil. Lantas, apa yang Anda lakukan?" demikian bunyi iklan promosi FBI untuk Child ID ini.



Child ID memungkinkan para orang tua untuk menyimpan foto dan informasi vital seperti tinggi dan berat badan si buah hati secara elektronik. Mengacu pada FBI, tujuan dari penyimpanan ini ialah agar user bisa mendapatkan informasi secara cepat apabila ada sesuatu yang bersifat emergency.

"Anda bisa langsung menunjukkan foto dan ciri-ciri fisik pada petugas kepolisian. Dan dengan salah satu tab di aplikasi tersebut, Anda bisa mengirimkan email informasi itu hanya dengan beberapa klik," ujar FBI seperti yang dikutip dari HuffingtonPost.

Sejauh ini, aplikasi tersebut kompatibel untuk iPhone, iPod touch dan iPad dan bisa diunduh secara gratis di Apple iTunes App Store. Namun dikatakan oleh FBI, pihaknya berencana menyediakan aplikasi itu untuk sistem operasi mobile lainnya seperti Android.

Selain menawarkan akses informasi secara cepat, Child ID juga menyediakan tips-tips mengenai bagaimana menjaga anak-anak tetap aman dan apa yang harus dilakukan di jam pertama si anak menghilang.