Monday, August 22, 2011

Bootstrap, Aplikasi Terbaru dari Twitter , Platform Baru untuk Aplikasi Twitter dengan CSS yang Powerful

Bootstrap Platform Baru untuk Aplikasi Twitter. Untuk berkompetisi lebih baik lagi di pasar aplikasi, Twitter baru saja merilis Bootstrap. Raksasa mikroblogging tersebut melalui blognya mengumumkan kehadiran platform baru yang menyediakan seperangkat alat menggunakan CSS dan konvensi HTML untuk menciptakan aplikasi.


Platform ini awalnya dikembangkan pada ajang Hackweek, sebuah perhelatan developer yang diadakan Twitter. Standarisasi platform tersebut sudah disempurnakan sejak saat itu. Kini, disebutkan Twitter kini mereka memiliki kerangka kerja yang konsisten untuk mengembangkan aplikasi.

Bootstrap digambarkan sebagai CSS sederhana namun dibangun dengan pre-processor yang menyediakan lebih banyak daya dan fleksibilitas ketimbang CSS standar. Di blog tersebut disebutkan dua keuntungan dari platform ini.

"Bootstrap sangat mudah diimplementasikan. Hanya menaruhnya di kode yang telah Anda buat. Setelah selesai, Bootstrap hanya akan berisi CSS. Artinya tidak akan ada gambar yang berlebihan, Flash atau Javascript. Yang ada hanyalah CSS yang sederhana namun powerful untuk kebutuhan pengembangan web Anda," jelas Twitter.

Ini adalah bagian dari upaya pembaruan yang dilakukan Twitter agar lebih memfasilitasi para developer, terutama menyediakan standar bagi para pembuat aplikasi.