Monday, July 11, 2011

Google Menambahkan Aplikasi Pilihan Mengunduh Peta bagi para pengguna Android

Google Menambahkan Aplikasi Pilihan Mengunduh Peta bagi para pengguna Android. Apakah Anda pernah berhenti di suatu lokasi yang tidak dikenal, tanpa akses internet, dan Anda bingung mencari hotspot free WiFi? Kini Google memberikan solusi bagi pengguna Android untuk mengunduh peta.


Raksasa mesin pencari ini telah menambah fitur Labs terbaru di Maps 5.7 yang memungkinkan Anda memilih suatu area dan kemudian mengunduh peta dan landmark dalam radius 10 mil (sekitar 16 kilometer).

Layer satelit tidak diunduh, tetapi apa yang Anda dapatkan lebih dari cukup untuk navigasi dasar. Anda pun masih belum bisa merencanakan rute tanpa akses data. Namun jika ponsel Anda memiliki GPS, itu dapat membantu Anda mencari lokasi yang dituju.

Anda tidak bisa mendapatkan rute seperti Peta Nokia Ovi. Oleh karena itu, Anda tidak dapat melakukan pencarian secara offline untuk mendapatkan alamat dan rute.

Untuk mencoba fitur ini, Anda cukup membuka menu, masuk "Options" dan tekan "Labs". Lalu pilih "Download map area". Juga ada fitur Lab lainnya yang dapat dicoba, termasuk "Scale Bar" dan fitur "Measure". Fitur "Scale Bar" menunjukkan jarak dalam peta, sementara fitur "Measure" memungkinkan Anda menekan dua atau tiga titik untuk mengukur ruang di antara titik-titik tersebut.

Pembaruan ini gratis. Namun tampaknya proses unduh hanya akan bekerja pada ponsel yang menjalankan sistem operasi Android 2.1 atau lebih tinggi. Jika Anda khawatir akan kehabisan ruang penyimpanan, Maps akan menghapusnya setelah 30 hari atau Anda dapat menghapus cache secara manual melalui opsi "More" di menu.

Sudah dilakukan pengujian pada mode offline dan tampaknya ini sangat membantu wisatawan. Jadi, pastikan Anda memiliki perangkat dengan GPS yang built-in untuk memaksimalkan penggunaan peta secara offline.