Monday, June 20, 2011

Alat Ukur Faro Focus3D Terbaru, Terrestrial Laser Scanner dengan Beragam Aplikasi

Alat Ukur Faro Focus3D Terbaru, Terrestrial Laser Scanner dengan Beragam Aplikasi. Teknologi laser scanning atau Light Detection and Ranging (LIDAR) semakin berkembang dan banyak digunakan untuk beragam aplikasi. Seperti pada produk besutan Faro berikut ini.


Terminologi LIDAR biasa digunakan untuk pengukuran dengan moda pesawat atau helikopter, sementara untuk mobil atau kendaraan roda empat biasa disebut Mobile Terrestrial Laser Scanning (MTLS). Jika alatnya ditempatkan di atas tripod, biasa disebut Stationary Terrestrial Laser Scanning (STLS).

Pada pekerjaan survei, sipil dan pertambangan, teknologi STLS pada dasarnya mengukur jarak dengan teknologi laser, sama halnya dengan menggunakan alat ukur Total Station. Bedanya, alat STLS dapat mengukur jarak hingga ratusan ribu titik per detik yang dikenal dengan point cloud.

Dengan menempatkan titik kontrol pada area yang diukur, semua point cloud dapat diketahui posisinya dan memiliki koordinat X,Y dan Z seperti halnya pengukuran dengan menggunakan total station.

Faro memperkenalkan alat ukur bernama Focus 3D. Tidak seperti STLS yang lain, Focus3D sudah memiliki internal battery dengan kemampuan pengukuran hingga 5 jam dan dilengkapi memori 32 GB untuk menyimpan data di slot SD atau SDHC.

Penggunaan Focus3D juga sangat mudah, karena sudah dilengkapi layar touch screen dengan sistem operasi yang mudah digunakan. Di Indonesia, alat ini didistribusukan oleh PT Datascrip.